Hasil Forum diskusi Internal tanggal 15 September 2020
Point 1 : Kurangnya Transparasi program kerja dan data yang diolah oleh pamadiksi
Solusi:
-
Program
kerja setiap departemen dipublikasikan ke media sosial (terutama ig)
-
Akun You Tube dijalankan (bisa berisi
wawancara mahasiswa bm berprestasi atau kegiatan pamadiksi)
-
Buat website baru untuk pamadiksi
-
Follup juga, tiap tahun dengan
membandingakan followers tiap tahun dan nanti bisa mengingatkan ke setiap maba
atau mahasiswa bm yang belum follow ig
-
Segala
bentuk kegiatan program kerja dapat disajikan dalam feed instagram pamadiksi,
juga dapat disimpan story sebagai
sorotan instagram.
Kendala Dept Infokom: Infokom tidak memiliki
bahan untu diposting di IG
-
Solusi: Tiap Dept. Yang sudah menyelenggarakan program kerja, menyiapkan bahan
untuk di uploud di IG dengan menyetor ke dept. Infokom.
Point 2 : Kurangnya penyebaran informasi melalu
media sosial tentang prestasi yang diraih
oleh mahasiswa Bidikmisi dan terkadang informasi yang disampaikan mendadak,
sehingga bentrok dengan
kegiatan lainnya.
Kendala Dept. KIM: Koordinator telat dalam mengumpulkan
data BM prestasi dan masih menunggu mahasiswa BM berprestasi untuk mengirim
foto
Solusi:
-
Tingkatkan komunikasi dengan
koordinator fakultas
Point 3 : Mengadakan pelatihan dan lomba tentang PKM dan lkti sehingga menambah daya saing mahasiswa dan meningkatkan softskill.
Solusi:
-
Pamadiksi
dapat bekerjasama dengan UKM Pelita dan kemahasiswaan untuk menunjang kegiatan
lomba ini. Mengingat pelatihan dan penalaran merupakan program dari UKM Pelita.
-
Mengadakan pelatihan softkill
untuk pengurus bisa essay atau lkti lainya (tidak hanya meningkatkan softkill
anggota tapi pengurus juga)
Point 4 :Membangun bisnis atau usaha yang
dilakukan oleh mahasiswa bidikmisi menggunakan dana dari anak bidikmisi sendiri serta dengan
sistem bagi hasil untuk menambah kemandirian mahasiswa
bidikmisi.
Solusi:
-
Jika ada rencana membangun bisnis
yang dilakukan oleh mahasiswa bidikmisi dengan didanai Pamadiksi, harus ada
bukti tertulis atau MOU
-
Diadakannnya webinar kewirausahaan
dengan mengundang salah satu mahasiswa bidikmisi yang bisnisnya sudah sukses.
-
Jika ada pelatihan bisnis, bisa
share di ig.
-
Departemen
KWU dapat melakukan survey minat bisnis kepada mahasiswa bidikmisi
Point 5 : Diadakan kegiatan dalam rangka
menjalin silaturahmi antara pengurus pamadiksi dengan anggota dan pengurus pamadiksi dengan alumni sebagai media
sharing, sehingga dapat membangun rasa kebersamaan
dan persaudaraan sesama mahasiswa bidikmisi
Solusi:
-
Bisa membuat pelatihan bersama
dengan demis ( essay dll)
-
Tiap daerah bisa diajak meet up
dengan alumni dan demis (mengadakan kegiatan satu hari dengan serentak tiap
daerah)
-
Mengadakan
kegiatan temu rutin yang terjadwal seperti acara yang bertajuk meet and
greet dengan melibatkan pembina, demis, pengurus dan anggota dalam rangka
menjalin silaturahmi serta bertukar pikiran.
Point 6 : Masih banyak mahasiswa yang tidak mampu yang tidak mendapatkan
bidikmisi, diharapkan kedepannya
bisa penerima Bidikmisi lebih tepat sasaran dan merata.
-
Pamadiksi hanya organisasi utk
menghimpun dan sebagai wadah untuk mengayomi mahasiswa bidikmisi. Jika ada
mahasiswa BM yang mampu tapi mendapatkan bidikmisi bisa melapor ke call center
dengan menyertakan bukti.
-
Jika mau menerima
pelaporan layak atau tidaknya mahasiswa penerima BM oleh mahasiswa lain,
sepertinya kurang relevan takutnya, meskipun ada bukti bukan wewenang
Pamadiksi. Maka kalau memang tetap dilaksanakan, perlu dipikirkan lagi
-
Pamadiksi hanya mewadahi,
hak pencabutan hanya ada di pihak kemahasiswaan.
-
Pamadiksi bisa menerima laporan
tersebut, jika mahasiswa yang bersangkutan mau melapor juga ke kemahasiswaan
bahwa anak tersebut mampu.
Point 7 : Pengurus bidikmisi sebaiknya lebih
tanggap dan cekatan dalam merespon pertanyaan seputar bidikmisi tanpa memberi perintah untuk bertanya ke pengurus lain
yang lebih Paham
Solusi:
-
Pihak KIM mengutamakan
berita yang valid, actual dan terpercaya. Jadi untuk menghindari berita hoax,
dari pihak kim tanya ke kemahasiswaan. Namun, saat ini ada kendala karena
adanya pergantian kemahasiswaan dua kali.
-
Jika ada pertanyaan dari
mahasiswa bidikmisi, kalau bisa jangan dialihkan tetapi kita sendiri yang tanya
ke pihak/ pengurus yang lebih paham. Atau juga bisa didiskusikan bersama di
grup.
-
Untuk pamplet call center
bisa di up setiap bulan di ig dan ke setiap grup bidikmisi.
Point 8 : Alangkah baiknya jika mahasiswa bidikmisi diberitahu secara
resmi informasi terkait pihak universitas yang berperan sebagai
pengurus bidikmisi untuk mempermudah akses saat ada keperluan.
Solusi:
-
Membuat
publikasi khusus pada media sosial (terutama instagram) mengenai struktur
pengurus pusat-harian bidikmisi UNEJ dengan menyertakan informasi lain yang
mendukung dalam postingan.
-
Buat postingan di ig mau di medsos
lainnya jika ada informasi yang penting atau permasalahan yang sering
dipertanyakan oleh mahasiswa bidkmisi, salah satunya pengambilan uang bidikmisi
selama 3 bulan. Mislnya, Buat tutorial penarikan uang tiga bulan dan info
pencairan.
-
Point 9 : Laporan penggunaan donasi 5 k
Solusi:
-
Melakukan
postingan kegiatan setiap menggunakan dana donasi 5k untuk membantu sesama
melalui media sosial
-
Melakukan
publikasi Laporan Pertanggung Jawaban dalam media sosial yang memuat informasi
keluar masuknya uang agar terjadi keterbukaan dan tranparansi kinerja
-
Buat pamflet, ada berapa pemasukan
uang donasi 5 k.
0 Komentar